Andy Liany, Rocker Legendaris Indonesia Kebanggaan Tanjungpinang

Andy Liany, Rocker Legendaris Indonesia Kebanggaan Tanjungpinang
Andy Liany adalah rocker legendaris kebanggaan Tanjungpinang yang pernah mewarnai belantika musik Indonesia. (Instagram @andyliany.official)

Andy Liany adalah salah seorang rocker legendaris kebanggaan Tanjungpinang yang pernah mewarnai jagat musik Indonesia tahun 90-an.

Meskipun kini Andy Liany telah berpulang ke Rahmatullah, namun nama dan karya-karya musiknya yang legendaris itu bertahan hingga kini.

Tak hanya itu, karya lagu-lagu Almarhum Andy Liany, tetap mendapatkan tempat tersendiri di hati para penikmat musik rock Indonesia khususnya Tanjungpinang.

Merangkum beragam sumber bacaan, rocker bersuara khas nan melengking ini, telah mempunyai bakat menyanyi sejak kecil.

Bakat seni musik mengalir dari sang kakek dan ayahnya. Bahkan Rocker yang bernama asli Juli Hendri Saleh Rachim ini, sering bernyanyi di hadapan teman-teman kecilnya.

Almarhum kala itu, bertekad menjadi musisi terkenal. Ia kemudian hengkang ke Bandung melanjutkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Kala itu, Almarhum Andy sering mendengarkan musik rock dan lagu-lagu rock dari Janis Joplin hingga ACDC serta mendengar beberapa band rock lainnya.

Baca Juga: Musik sebagai Bahasa Universal dan Alat Pemersatu

Almarhum terus mengasah bakat menyanyi hingga menyelesaikan pendidikan SMA. Ia sempat mengenyam pendidikan kedokteran namun tidak selesai.

Hal itu karena Almarhum Andy Liany bertekad ingin menjadi penyanyi dan musisi rock terkenal serta fokus dalam bermusik.

Saat itu, Almarhum Andy Liany mengambil keputusan tidak melanjutkan pendidikan setelah mendapat restu dan izin dari ibu tercinta.

Almarhum pun mengabadikan kisah restu dan izin ibunya itu dalam sebuah lagu berjudul ‘Boleh Ma’ yang masuk dalam album solo pertamanya berjudul Misteri.

Sekedar informasi, Andy Liany merupakan anak kedua dari pasangan Almarhum Saleh Rachim dan Almarhumah Masnah.

Sang rocker mempunyai kakak perempuan, Sylivia Saleh Rachim. Dua adik laki-laki, Ramadani Saleh Rachim dan Alhafiz Saleh Rachim serta adik bungsu, Jeane Saleh Rachim.

Saat ini, seluruh keluarga besar Almarhum Andy Liany masih menetap dan berdomisili di Tanjungpinang, Kepri.

Leave a comment