Band Rock Legendaris Tanjungpinang, Bintang 5 yang Melegenda

Warnai Belantika Musik Tanah Air dan Internasional

Band Rock Legendaris Tanjungpinang, Bintang 5 yang Melegenda
Cover kaset band rock Legendaris Tanjungpinang, Bintang 5 yang melegenda. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Band Rock legendaris Indonesia asal Tanjungpinang yaitu Bintang 5 yang melegenda, pernah mewarnai belantika musik Tanah Air.

Tidak hanya di Tanah Air, band Bintang 5 yang mengusung genre bluster rock, pernah masuk ke tangga lagu musik internasional.

Soundclick.com merupakan salah satu situs chart musik yang menampilkan band-band atau lagu-lagu dari seluruh belahan dunia.

Pada era 2004, tidak banyak band rock Indonesia atau band pendatang baru yang bisa masuk ke situs tangga lagu atau chart musik internasional.

Baca Juga: Musik Rock, Genre Cadas Legendaris yang Tidak Pernah Mati

Namun band Bintang 5 asal Tanjungpinang Indonesia sebagai band pendatang baru, berhasil masuk ke situs musik internasional itu.

Banyak yang tak menyangka, lagu andalan Bintang 5 berjudul Impas yang fenomenal itu, berhasil menyodok masuk ke chart musik internasional.

Kabarnya sehari setelah masuk chart, lagu berjudul Impas dari Bintang 5 menduduki urutan ke 103 dari sekitar 500 band yang masuk ke kategori rock and roll.

Sementara itu, pada chart umum musik rock, lagu Impas masuk urutan 1.371 dari lebih 10.000 lagu yang masuk chart soundclik.com.

Baca Juga: Musik Britpop, Subgenre Alternatif Rock yang Menginvasi Dunia

Dalam hitungan hari saja, band Bintang 5 langsung masuk urutan 75 chart musik kategori rock and roll.

Selain itu, band Bintang 5 dengan lagunya “Impas” berhasil masuk urutan 703 chart umum genre rock di situs soundclick.com.

Hal ini menjadi nostalgia band rock Bintang 5 sebagai sebuah band pendatang baru di jagat musik Tanah Air.

Terbentuknya Band Rock Bintang 5

Salah seorang fotografer yang kini menjadi penulis (writer) yaitu Yusnadi Nazar, sempat mengikuti perjalanan karir band ini.

Kepada kontenfoto.com, penulis asal Tanjungpinang ini menceritakan singkat, saat pertama kali Bintang 5 berdiri hingga menginjakkan kaki di Jakarta.

Band yang berdiri pada tahun 2003 ini, terbentuk saat personelnya sering nongkrong bersama di studio latihan di Tanjungpinang yaitu Cikal.

Saat itu, komunitas Cikal yang dibentuk oleh Enda Cikal, meminta lima musisi membentuk sebuah band rock untuk menembus jagat musik nasional.

Baca Juga: Musik Funk Rock Alternatif, Genre Bernuansa Berisik Tapi Asik

Hal ini, untuk mengikuti jejak musisi Tanjungpinang yang sukses mewarnai belantika musik Tanah Air seperti Rock Star Almarhum Andy Liany.

Kemudian menyusul musisi Tanjungpinang lainnya yakni Opet Alatas (GIGI dan Tiket), Teguh Diswanto (Tiket) serta Irang Arkad (BIP).

Sehingga terbentuklah, Supergroup band Bintang 5 yang terdiri dari musisi Tanjungpinang. Mereka mengusung genre rock dalam lagu-lagu ciptaannya.

Leave a comment