Belajar Teknik Dasar Fotografi, Mudah dan Efektif

Belajar Teknik Dasar Fotografi, Mudah dan Efektif
Ayo belajar teknik dasar fotografi. Sangat mudah dan efektif. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Bagi yang yang ingin menekuni seni fotografi, tentunya harus terlebih dahulu memahami dan belajar teknik dasar fotografi agar lebih efektif.

Belajar teknik dasar fotografi itu mudah. Mari kita pelajari. Insya Allah efektif dan cepat paham jika kita belajar dengan sungguh-sungguh.

Fotografi adalah seni yang memungkinkan kita untuk mengabadikan momen, keindahan, dan cerita melalui kamera dan menghasilkan gambar atau foto.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang fotografer yang mahir dan profesional, penting untuk memahami dan belajar teknik dasar fotografi.

Merangkum beragam sumber, artikel ini membahas beberapa teknik dasar fotografi yang dapat membantu kita meningkatkan kemampuan seni fotografi:

Pengaturan Cahaya (Exposure)

Pengaturan cahaya adalah elemen penting atau dasar dari fotografi. Terdapat tiga elemen utama dalam pengaturan cahaya yaitu:

1. Shutter Speed (Kecepatan Rana)

Shutter speed mengacu waktu bukaan rana kamera. Kecepatan rana tinggi seperti 1/1000 detik, menghasilkan gambar tajam untuk subjek bergerak.

Sementara itu, kecepatan rana lambat seperti 1/30 detik, dapat menciptakan efek motion blur. Pilihlah kecepatan rana yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

2. Aperture (Pengaturan Bukaan/F-stop)

Aperture mengontrol berapa besar lubang lensa kamera terbuka. f-stop rendah seperti f/1.8, memungkinkan banyak cahaya masuk dan menciptakan latar belakang kabur (bokeh).

Sedangkan f-stop yang lebih tinggi seperti f/16, menghasilkan kedalaman bidang yang lebih besar. Sesuaikan aperture dengan efek yang ingin kita capai.

Baca Juga: Panduan Belajar Dan Memahami Seni Fotografi

3. ISO

Fitur ini mengukur sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. ISO tinggi seperti 1600 berguna dalam kondisi cahaya rendah.

Namun dapat menyebabkan noise (titik-titik kecil) pada gambar atau foto. Gunakan ISO rendah seperti 100 untuk kondisi cahaya baik.

Meskipun begitu, terkadang efek noise pada gambar dapat menciptakan efek cukup dramatis dan terkesan klasik.

Leave a comment