Daur Ulang Sampah, Yuk Semangat Melestarikan Lingkungan

Daur Ulang Sampah, Yuk Semangat Melestarikan Lingkungan
Daur ulang sampah, Yuk semangat melestarikan lingkungan. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Daur ulang adalah proses menjadikan atau mengolah dan memilah sampah atau barang bekas sehingga masyarakat dapat menggunakannya kembali.

Tujuannya untuk mencegah penimbunan atau penumpukan sampah. Sehingga dapat menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan.

Sampah dapat menjadi sesuatu yang berguna seperti mengurangi polusi air dan udara. Mengurangi penggunaan bahan baku yang baru.

Selain itu, memanfaatkan barang bekas, dapat mengurangi penggunaan energi, mengurangi kerusakan lahan dan mengurangi efek rumah kaca.

Masyarakat dapat memilah sampah dan mendaur ulang barang bekas di rumah seperti bahan plastik, kaca, kertas dan logam serta barang elektronik.

Setelah memilah dan mengumpulkannya, kita dapat menyetor atau menjualnya ke Bank Sampah atau tempat penampungan barang bekas.

Apa saja bahan yang dapat didaur ulang ?

1. Bahan Plastik
Bahan plastik yang umum seperti botol air mineral, soda, minyak, toples. Botol shampo, deterjen atau botol susu dan produk lainnya.

Saat mendaur ulang plastik, kita harus memilahnya terlebih dahulu. Plastik yang tercampur dengan sampah lain tidak bisa didaur ulang.

Ingat tidak semua plastik dapat didaur ulang. Kita harus mengenali dahulu jenis plastik yang dapat didaur ulang.

2. Kaca
Mendaur ulang kaca perlu menggunakan sejumlah alat atau mesin yang mendukung. Kemudian menghancurkan dan mengolah kaca menjadi bahan mentah atau cullet.

Pengolahan bahan mentah itu dengan cara mencampurkan bahan lainnya seperti pasir, batu atau soda abu.

Kemudian memanaskan campuran. Bahan bahan ini akan meleleh menjadi cairan lalu mesin akan menuangkan ke dalam berbagai cetakan.

Cairan bahan campuran dalam cetakan mendingin lalu menjadi produk kaca yang baru.

3. Kertas
Daur ulang kertas adalah salah satu proses penting dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Jadi memilah dan mengolah kertas lagi menjadi kertas baru, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan.

4. Logam
Proses daur ulang logam seperti besi, baja atau alumunium bekas meliputi peleburan dan pencetakan kembali.

Hasilnya, kita dapat menggunakan kembali logam daur ulang tersebut sebagai bahan bangunan.

Tanpa mengurangi kualitasnya, kita dapat mendaur ulang semua jenis logam. Jadi kita dapat mendaur ulang logam yang tidak terpakai lagi.

5. Barang elektronik
Satu persatu mesin atau orang mengolah barang bekas ini. Mesin akan menghancurkan barang elektronik menjadi bubuk kecil dan menghasilkan bahan dasar baru.

Daur ulang menghasilkan bahan dasar plastik, bahan dasar kaca, bahan dasar alumunium. Tentunya bahan ini masyarakat dapat menggunakannya kembali. (*)

Artikel ini Konten Foto rangkum dari beragam sumber

Leave a comment