Fotografi Olahraga, Mengabadikan Momen Dramatis yang Penuh Dinamika, Semangat dan Emosi

Fotografi Olahraga, Mengabadikan Momen Dramatis yang Penuh Dinamika, Semangat dan Emosi
Atlet memacu perahu naga saat Lomba Perahu Naga di Tepi Laut Tanjungpinang tahun 2012. Fotografi olahraga adalah seni mengabadikan momen dramatis yang penuh dinamika, semangat dan emosi. (Dokumen Foto: Yusnadi Nazar)

Fotografi olahraga atau sport photography adalah genre fotografi yang menantang. Mengabadikan momen dramatis yang penuh dengan dinamika.

Melalui lensa kamera, fotografi olahraga tidak hanya menangkap momen aksi, namun juga menyalurkan emosi, semangat, dan kecepatan yang terlibat dalam berbagai jenis olahraga.

Dalam pertandingan olahraga akan muncul berbagai kesempatan untuk menangkap momen-momen dramatis. Maka keberadaan fotografi olahraga sangat penting.

Selain itu, untuk mengabadikan gambar atau foto yang menggambarkan semangat dan emosi dalam olahraga, maka banyak hal yang menjadi perhatian dalam fotografi olahraga.

Tentunya ada aspek penting fotografi olahraga, termasuk kemampuan, teknik pengambilan gambar hingga peralatan kamera yang tersedia agar menghasilkan foto yang luar biasa.

Baca Juga: Fotografi Kecepatan Tinggi, Seni Membekukan Momen dan Peristiwa

Teknik Dasar dalam Fotografi Olahraga

Kecepatan Rana atau Shutter Speed tinggi pada kamera merupakan salah satu elemen paling penting dalam dunia fotografi olahraga.

Untuk membekukan gerakan cepat seperti lompatan, lari atau aksi sepak bola, maka perlu kecepatan rana yang tinggi. Biasanya di atas 1/1000 detik.

Namun, untuk mendapatkan efek gerakan atau motion blur, fotografer dapat menggunakan kecepatan rana yang lebih lambat denga bijak.

Selanjutnya, fokus dan pelacakan (Tracking) fokus otomatis yang cepat dan akurat pada kamera juga sangat penting dan sangat berguna.

Saat ini kamera modern telah lengkap dengan sistem autofokus yang canggih yang dapat melacak objek yang bergerak cepat.

Leave a comment