Lorong Sepatu Kota Lama yang Unik nan Legendaris

Lorong Sepatu Kota Lama yang Unik nan Legendaris
Suasana Lorong Sepatu yang unik dan legendaris pada tahun 2011. Lorong ini berlokasi di Kota Lama Jalan Merdeka Tanjungpinang. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Lorong Sepatu merupakan salah satu tempat yang unik nan legendaris. Lorong ini berlokasi di kawasan Kota Lama Jalan Merdeka Tanjungpinang.

Meskipun terkenal hanya dari mulut ke mulut, namun popularitasnya tak kalah tenar dengan tempat atau jalan protokol lain di Tanjungpinang.

Bedanya, lorong legendaris yang telah ada sejak 1950-an ini, hanya berbentuk gang kecil. Lebar jalannya tak lebih dari tiga meter. Panjangnya tak lebih juga dari 10 meter.

Aslinya, lorong unik dan legendaris ini bernama Lorong Merdeka IV. Namun sejak 1960-an, gang sempit ini berubah nama menjadi Lorong Sepatu.

Kenapa begitu? Ya karena tempat ini menjadi pusat bertemunya tukang sol sepatu setelah berkeliling. Sejak saat itu, orang mulai menyebutnya Lorong Sepatu.

Baca Juga: Destinasi Wisata Edukasi Tanjungpinang Ada di Lorong Bintan

Berdirinya Lorong Sepatu bukan berarti tahun 1960-an mulai ada tukang sol sepatu di Tanjungpinang. Namun, melebihi umur lorong tersebut.

Sebab tukang sol sepatu keliling telah mulai ada dan eksis di Tanjungpinang sebelum tahun 1950-an. Bahkan mungkin sejak zaman perjuangan.

Menurut penuturan pedagang di Kota Lama, lorong unik ini terbentuk karena ada komunitas tukang sol sepatu di ujung lorong.

Bahkan, saking populernya, pemilik kios sewa yang berada di lorong ini, akan mudah menjelaskan kepada pelanggan bagaimana menemukan kiosnya dengan mudah.

Tidak hanya itu, masyarakat yang ingin mereparasi sepatu, dengan mudah menemukan tukang sol sepatu yang mangkal di lorong ini.

Menjadi Pusat Perekonomian

Sudah sejak lama bahkan sejak era kemerdekaan, Jalan Merdeka di Kawasan Kota Lama, memang menjadi pusat perekonomian di Tanjungpinang.

Sejak dahulu kala menjadi pusat ekonomi, berbagai macam pedagang menawarkan dagangannya di sepanjang Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang ini.

Termasuk salah satunya Lorong Sepatu yang sangat terkenal selain Lorong Wisata, Lorong Bintan dan kawasan Tepi Laut Tanjungpinang.

Tidak hanya tukang sol sepatu yang mengumpulkan pundi-pundi uang dan mengais rezeki di gang ini. Namun sejumlah pedagang ikut meramaikannya.

Baca Juga: Tempat Kuliner Malam Legendaris di Tanjungpinang Bernama Akau

Leave a comment