Masjid Nur Ilahi Dompak, Yuk Lihat Kemegahannya

Masjid Nur Ilahi Dompak, Yuk Lihat Kemegahannya
Masjid Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Masjid Nur Ilahi menjadi magnet bagi pengunjung. Tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Islam, tempat suci ini menjadi destinasi wisata religi Tanjungpinang.

Tidak hanya wisatawan lokal atau wisatawan muslim saja yang mengunjunginya untuk beribadah. Namun wisatawan mancanegara turut mengunjungi masjid untuk menikmati kemegahannya.

Masjid Nur Ilahi Dompak, Yuk Lihat Kemegahannya
Masjid Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Bangunan suci ini terletak di tempat paling tinggi di Pulau Dompak. Peresmian penggunaannya sekitar tahun 2013 silam.

Kemegahannya tampak saat wisatawan melewati Jembatan Dompak yang menghubungkan Tanjungpinang dan Pulau Dompak. Menaranya yang menjulang tinggi jelas terlihat dari kejauhan.

Mimbar Masjid Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Dari bangunan ikonik yang berlokasi di atas bukit pinggir laut ini, wisatawan atau pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Tanjungpinang beserta pemandangan lautnya dari ketinggian.

Wisatawan dapat menikmati suasana yang berbeda dan udaranya yang sejuk. Tidak lupa pula, pengunjung dapat mengabadikan momen indah dan menarik dengan berswafoto.

Ruang salat Masjid Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Wisatawan dapat menikmati keindahan lanskap kota Tanjungpinang serta kawasan Pulau Dompak melalui menaranya yang tinggi.

Tidak hanya itu, dari area depan, pengunjung juga dapat menikmati keindahan panorama alam Tanjungpinang dari sudut pandang berbeda.

Masjid Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Memiliki corak dan desain bangunan minimalis serta arsitektur megah yang moderen turut menghiasi tempat suci berwarna biru ini.

Halaman yang luas, fasilitas yang memadai seperti aula, banyaknya tempat wudu, WC dan taman-taman serta tempat parkir yang cukup luas turut melengkapi area tempat suci tersebut.

Keindahan Masjid Nur Ilahi, Dompak, Tanjungpinang. Konte Foto/Walgi Efriyan

Daya tampungnya sangat besar. Ruang utama dapat menampung lebih kurang lima ribu jamaah. Terasnya dapat menampung lebih kurang dua ribu jamaah. Lantai dua dapat menampung lebih kurang tiga ratus jamaah.

Informasi Penting 

Saat mengunjungi Masjid Nur Ilahi di Pulau Dompak, wisatawan atau pengunjung harus menghormati dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Berpakaian sopan, rapi dan berprilaku baik serta menjaga kesuciannya. (*)

Artikel ini Konten Foto rangkum dari beragam sumber

Leave a comment