Musik Alternatif Rock, Pionir Berkembangnya Genre Musik Dunia

Musik Alternatif Rock, Pionir Berkembangnya Genre Musik Dunia
Band indie asal Tanjungpinang, salah satu band pengusung musik alternatif rock. (Stunned Shocked Official)

Musik alternatif rock menjadi salah satu pionir (pelopor) dalam perkembangan belantika musik dunia sejak tiga dekade lalu.

Genre alternatif rock merupakan salah satu genre musik yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan genre musik dunia.

Musik alternatif rock sendiri termasuk dalam subgenre musik rock and roll. Genre musik ini mulai muncul pada tahun 1970-an.

Saat itu, kemunculan musik alternatif merujuk dan menengahi perbedaan antara musik rock dan musik pop yang komersial di Amerika dan Inggris.

Baca Juga: Konser Musik Alternative Fiesta, Sukses Hipnotis Penikmat Musik

Istilah alternatif juga muncul dan berkembang serta mempengaruhi sejumlah musisi genre punk rock pada akhir tahun 1970-an.

Merangkum berbagai sumber, pengusung alternatif rock, saat itu adalah band Velvet Underground yang mempengaruhi banyak grup rock alternatif setelahnya.

Selain itu, ada musisi yang turut mengusung alternatif rock yaitu musisi bernama Syd Barrett. Ia mempunyai pengaruh terhadap rock alternatif secara umum.

Selain punk rock, genre musik seperti post punk, new wave hingga hardcore punk turut mempengaruhi lahirnya genre rock alternatif.

Baca Juga: Musik Rock, Genre Cadas Legendaris yang Tidak Pernah Mati

Sehingga musik alternatif berkembang dan memiliki berbagai bentuk genre turunan seperti alternatif country, hip hop alternatif dan neo psychedelia.

Tak hanya itu, musik alternatif rock juga sangat berkembang sehingga memiliki berbagai macam subgenre.

Berbagai subgenre tersebut adalah britpop, shoegazing, emo, dream pop, grunge, gothic rock hingga post punk revival.

Pada pertengahan tahun 1980-an, istilah musik alternatif dan band alternatif muncul untuk menggambarkan ketenaran musik rock.

Baca Juga: Musik Britpop, Subgenre Alternatif Rock yang Menginvasi Dunia

Sebut saja band-band yang memainkan musik alternatif asal Amerika yaitu Sonic Youth dan Pixies hingga Nine Inch Nails.

Tak hanya itu, di daratan Inggris muncul band seperti The Cure, The Smith, Stone Roses hingga My Bloody Valentine.

Saat itu, industri musik menggunakan istilah alternatif untuk menggambarkan jenis musik mutakhir, terbaru dan modern.

Meskipun begitu, alternatif rock memiliki karakteristik tersendiri yang lebih mengedepankan permainan gitar berpadu dengan bass dan drum.

Alternatif Rock Berkembang di Era 1990

Pada tahun 1990-an, musik rock alternatif mulai populer bagi para musisi. Sehingga banyak grup band alternatif menjadi sukses saat itu.

Di Amerika muncul band Nirvana yang terbilang sukses memainkan grunge yang termasuk subgenre musik rock alternatif serta band Smashing Pumpkins.

Selain itu, ada Red Hot Chilli Peppers, RATM, Dinosaur Jr, Jane Addiction dan R.E.M yang menjadi pionir bagi banyak grup band alternatif lainnya.

Baca Juga: Musik Funk Rock Alternatif, Genre Bernuansa Berisik Tapi Asik

Sebagai reaksi kemunculan band Amerika, muncul band-band Inggris yang mengusung britpop yang termasuk subgenre rock alternatif.

Saat itu, muncul band-band alternatif seperti Pulp, Blur, Suede, dan Oasis hingga Radiohead yang bersaing di tanah Britania Raya.

Namun pada akhir dekade 1990-an, genre rock alternatif mulai berubah. Hal itu karena menurunnya pamor dari subgenre grunge dan britpop.

Baca Juga: Musik Grunge, Genre Khas yang Keras dan Penuh Distorsi

Meskipun rock alternatif mengalami perubahan gaya musiknya, pada tahun 2000-an, di Amerika kembali muncul band alternatif gaya baru.

Pada era milenium itu, banyak grup band yang muncul. Sebut saja Creed, Matchbox Twenty, Weezer, Foo Fighter dan masih banyak lagi.

Pada era tersebut, banyak band alternatif gaya baru juga bermunculan di Inggris. Contohnya Coldplay, Travis, Muse dan Radiohead yang masih bertahan.

Baca Juga: Musik Pop Rock, Subgenre Rock Kreatif, Melankolis dan Romantis

Hingga kini, masih banyak band-band yang bermunculan sebagai pengusung genre alternatif gaya baru yang memadukan berbagai genre musik.

Hal tersebut menandakan musik alternatif rock mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan musik dunia saat ini.

Alternatif Rock Menginvasi Indonesia

Indonesia sendiri tidak terlepas dari pengaruh musik alternatif rock. Genre ini mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1990-an.

Para era tersebut, banyak band-band Indonesia bermunculan. Band tersebut memperkenalkan dan mempelopori musik alternatif di dunia musik Tanah Air.

Sebut saja PAS Band yang mengusung genre alternatif rock. Band asal Bandung ini menginspirasi banyak grup band alternatif lainnya.

Selain itu ada Netral yang cocok sebagai band beraliran alternatif. Sebab gaya bermusiknya lebih mengandalkan sound gitar.

Baca Juga: Musik Pop Punk, Genre Berisik dengan Lirik Penuh Kritik

Lalu ada band indie Bandung yaitu Pure Saturday yang punya pengaruh besar menjadi pionir subgenre rock alternatif yaitu britpop.

Kemudian ada band dengan nama unik yaitu /rif. Gaya bermusik band asal Bandung ini cocok dengan gaya musik rock alternatif.

Merunut band-band tersebut, kini banyak muncul grup band yang sedikit banyak mengusung genre alternatif rock dalam bermusik.

Sebut saja Ahmad Band, Padi, Cokelat, Peter Pan (Noah), J Rocks, The Adams, The SIGIT, Andra and The Backbond hingga Kotak dan masih banyak lagi.

Musik Alternatif Rock, Pionir Berkembangnya Genre Musik Dunia
Stunned Shocked tampil membawakan lagu alternatif rock. (Stunned Shocked Official)

Tidak hanya di belantika musik nasional, genre alternatif juga merambah ke musik lokal yakni di Kota Tanjungpinang.

Salah satunya band indie Tanjungpinang yang masih setia mengusung genre rock alternatif adalah Stunned Shocked.

Formasinya yaitu Rionaldo Boyke aka Boy (Vokal). Andi Indra aka iin (Drum). Marizal Eka Saputra aka Ekay (Gitar). Mohammad Imamsyah aka Imam (Bass).

Band ini cukup unik. Stunned Shocked adalah Super Group. Sebab semua personelnya adalah pemain drum atau drummer senior di Tanjungpinang.

Baca Juga: Penulis Lagu Asal Tanjungpinang, Eksis di Kancah Musik Indonesia

Nama Stunned Shocked memiliki makna tersendiri yaitu band yang menciptakan musik sehingga membuat pendengar kaget, kagum, tercengang atau heran.

Band ini telah memiliki beberapa lagu ciptaan sendiri. Telah merilis satu single lagu bernuasa alternatif rock.

Bagi pendengar atau penikmat musik yang ingin mendengar lagu-lagu Stunned Shocked, dapat mendengarnya di Youtube Stunned Shocked Official. (*)

Artikel ini Konten Foto rangkum dari beragam sumber

Leave a comment