Musik Melayu Modern, Punya Karakter Khas dan Nuansa yang Unik

Musik Melayu Modern, Punya Karakter Khas dan Nuansa yang Unik
Grup band asal Tanjungpinang Dermaga Musica yang mengusung musik Melayu modern. (Dokumen Dermaga Musica)

Musik Melayu modern, salah satu genre musik yang mempunyai nuansa yang unik dan memiliki ciri khas serta karakteristik tersendiri.

Musik Melayu adalah aliran musik tradisional yang mempunyai karakter khas dan kuat. Suku bangsa melayu yang memainkannya.

Biasanya, tarian khas seperti tari persembahan, mengiringi alunan musik Melayu dalam perhelatan adat, keagamaan dan lain sebagainya.

Negara rumpun Melayu seperti Indonesia khususnya Kepulauan Riau, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam menerapkan musik Melayu dalam berbagai kegiatan.

Baca Juga: Band Rock Legendaris Tanjungpinang, Bintang 5 yang Melegenda

Merangkum dari beragam sumber, genre ini berakar dari musik Qasidah yang berasal dari Arab semasa penyebaran Agama Islam di negara rumpun Melayu.

Menariknya, genre musik Melayu mempunyai karakteristik dan ciri khas tersendiri. Mempunyai susunan yang terdiri dari lirik lagu.

Susunan lirik lagu ini mengandung nilai kehidupan dan terkadang bertema tentang kehidupan masyarakat Melayu sehari-hari.

Terkadang lirik lagu musik Melayu berisi pesan-pesan moral, menyesuaikan kehidupan masyarakat setempat terutama di Kepulauan Riau.

Baca Juga: Musik sebagai Bahasa Universal dan Alat Pemersatu

Para musisi pengusung genre Melayu biasanya mengisi alunan musiknya dengan suara vokal khas cengkok melayu.

Para musisinya juga mengaransemen suara dan alunan musik melayu dengan nuansa unik dan khas sehingga tersusun rapi.

Seiring perkembangan musik, genre musik Melayu semakin maju dan modern. Berpadu dengan genre lainnya seperti pop, rock, dangdut dan sebagainya.

Genre Musik Melayu Semakin Modern

Secara tradisional, alat musik seperti kompang atau rebana, gong dan biola, kerap mengiringi alunan musik Melayu.

Selain itu, alat musik akordion dan gambus hingga serunai, melengkapi suara vokal cengkok Melayu sehingga memiliki nuansa yang unik.

Selain itu, genre ini memang unik dan punya ciri khas. Terkadang musisinya menggunakan banyak alat musik tradisional dalam menciptakan alunan musik.

Baca Juga: Komunitas Evolusi Muzik, Wadah Silaturahim Musisi Tanjungpinang

Seperti harmonium, tabla, marakas, tamborin, bebano dan gendang. Permainan alat musik secara individu sangat menonjol dalam musik Melayu.

Budaya dan musik Arab dan Eropa tradisional turut mempengaruhi penggunaan alat-alat musik tradisional tersebut.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi, musisinya menggunakan gitar elektrik, bass elektrik, kibor dan drum.

Baca Juga: Penulis Lagu Asal Tanjungpinang, Eksis di Kancah Musik Indonesia

Meskipun demikian, para musisi musik Melayu modern tetap mempertahankan alat-alat musik tradisional guna menjaga warisan, tradisi dan kebudayaan.

Sehingga alat-alat musik modern tersebut, berpadu dengan suara vokal khas cengkok Melayu dan alat-alat musik tradisional.

Selain itu, kekhasan musik ini juga tetap terjaga dan tidak menghilangkan ciri khasnya sebagai musik tradisional.

Warisan yang Takkan Pernah Hilang 

Eksistensi musik Melayu harus hidup di tengah masyarakat modern yang kini banyak terpengaruh berbagai genre musik.

Sehingga warisan musik yang memiliki nuansa unik dan berkarakter ini, terus dilestarikan agar tak hilang.

Mengingatkan kembali, genre ini populer tahun 1980-an. Puncaknya tahun 1990-an muncul musisi-musisi idealis yang mengusung musik Melayu dalam bermusik.

Baca Juga: Musik Alternatif Rock, Pionir Berkembangnya Genre Musik Dunia

Pada era tersebut, muncul penyanyi dan grup band pengusung musik khas ini dengan lagu ciptaan sendiri yang menjadi andalan.

Kini, banyak musisi-musisi dan grup band pengusung genre Melayu modern ini, banyak bermunculan di kawasan Kepulauan Riau.

Musik Melayu Modern, Punya Karakter Khas dan Nuansa yang Unik
Personel grup band Dermaga Musica. (Dokumen Dermaga Musica)

Khusus di Kota Tanjungpinang, salah satu pengusung genre ini adalah grup band Dermaga Musica yang idealis dan semakin eksis.

Musisi dari berbagai genre musik, bergabung mengisi formasi dari grup band Dermaga Musica guna melestarikan warisan budaya Melayu.

Formasinya yaitu Dini (vokal). Habib (gitar dan vokal). Yadi (bass). Adi Lingkepin (biola). Shafur (perkusi). Bujang (bebano). Alam (akordion) dan Zoel (drum).

Dermaga Musica tetap eksis memainkan musik bergenre Melayu modern. Grup band ini mengisi acara-acara besar di Kepulauan Riau hingga mengisi acara pernikahan.

Baca Juga: Wadah Kreativitas dan Tempat Berkarya Seniman Kota Tua

Dermaga Musica eksis memainkan dan menciptakan musiknya dengan nuansa yang unik sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Meskipun demikian, Dermaga Musica tetap mempertahankan genre musik Melayu asli dan tradisional dalam alunan musiknya.

Personel Dermaga Musica yang idealis ini, juga sepakat untuk terus melestarikan musik Melayu sebagai warisan budaya di Kepulauan Riau. (*)

Artikel ini Konten Foto rangkum dari beragam sumber

Leave a comment