Musik sebagai Bahasa Universal dan Alat Pemersatu

Musik sebagai Bahasa Universal dan Alat Pemersatu
Musik sebagai bahasa universal dan alat pemersatu.

Bagi penikmatnya, musik merupakan bahasa yang universal karena dapat menyampaikan pesan tersendiri. Musik juga menjadi hiburan serta teman bagi penikmatnya.

Oleh karena itu, fungsinya tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang, tidak mendengarkan musik akan terasa hampa.

Tidak hanya itu, sebagian orang mendengar alunan irama untuk refreshing dan melepas lelah. Di mana pun itu baik saat perjalanan, saat di rumah, orang akan menikmati musik.

Bahkan, saat ini, di kafe, mall dan pusat perbelanjaan serta tempat umum lainnya, pengelola memutar musik untuk menemani aktivitas pengunjungnya.

Fungsi Musik

Mengutip dari berbagai sumber, suara dan nadanya, dapat memberikan ketenangan, mengurangi stress, memunculkan semangat dan menjadikan penikmatnya semakin produktif.

Sebagian orang berpendapat, musik berperan untuk mengungkapkan perasaan atau meningkatkan emosinya. Membuat sebagian orang menjadi lebih kreatif dan ekspresif.

Sebagai sarana komunikasi yang mampu menciptakan perdamaian dan solidaritas sehingga dapat menyatukan hal yang berbeda-beda.

Menurut penelitian, suara dan nadanya yang lembut, baik untuk kesehatan. Dapat mengurangi dan mengontrol tekanan darah dan meningkatkan konsentrasi pendengarnya.

Selanjutnya, mendengarkan suara merdu musisi atau penyanyinya, dapat membangkitkan energi, bergerak lebih cepat saat beraktivitas.

Menurut University Health News, musik dapat memperjelas memori. Saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan suara dan nada.

Fungsi lainnya adalan sebagai alat pemersatu. Contohnya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sehingga dapat menyatukan perbedaan yang ada dari Sabang di Barat hingga Merauke di timur.

Kreativitas Musisi Tanjungpinang

Tidak hanya dikancah nasional, semangat dan kreativitas bermusik juga berkembang di daerah di Indonesia. Salah satunya di Tanjungpinang, Kepri.

Para penggiat musik atau para musisi lokal juga berekspresi dengan membentuk grup band indie dan menciptakan lagu dan nada tersendiri.

Para musisi ini juga membentuk komunitas musik yaitu Evolusi Muzik sebagai sarana silaturahim, wadah untuk berekspresi dan menciptakan kreativitas tersendiri.

Inilah Band-Band Indie di Tanjungpinang

1. Britjamz

Musik sebagai Bahasa Universal dan Alat Pemersatu

Salah satu band indie yang mengusung genre atau aliran musik Psychedelic, British Pop dan Shoegaze. Meskipun demikian, dalam bermusik tetap mengusung aliran Rock.

Band yang dibentuk pada tahun 2017 ini, digawangi oleh Nasrul Nazar aka Inaz (Vokal dan Akustik Gitar). Rionaldo Boyke Syam Mantiri aka Boy (Drum). Eru Andrian aka Eru (Gitar). Gatot Tri Wahyudi aka Gatot (Bass).

Berawal dari latihan atau ngejam bersama membawakan lagu lagu band Inggris, sehingga terbentuklah sebuah band yang beraliran British Pop yang dinamakan Britjamz.

Sejak 2017, Britjamz memiliki lebih kurang 15 lagu ciptaan sendiri. Telah merilis empat single lagu bernada Psychedelic dan Rock.

Bagi pendengar atau penikmat musik yang ingin mendengar lagu-lagu Britjamz, dapat mendengarnya di Youtube Britjamz Official.

2. The Kidz

Musik sebagai Bahasa Universal dan Alat Pemersatu

Salah satu band indie yang mengusung genre musik Grunge. Meskipun demikian, dalam bermusik tetap mengusung aliran Rock.

Band yang dibentuk pada tahun 2017 ini, digawangi oleh Yogie Rizky aka Yogi (Vokal). Andi Indra aka iin (Drum). Marizal Eka Saputra aka Ekay (Gitar). Zicko Mauristha aka Zicko (Bass).

Nama The Kidz mempunyai filosofi sebagai anak-anak yang baru terbentuk. Selayaknya anak-anak yang serba ingin tahu. Suka meniru dan banyak bertanya.

Sehingga hal ini menjadi sangat penting karena bertujuan untuk pertumbuhan dan kemajuan band The Kidz.

Sejak 2017, The Kidz memiliki dua lagu ciptaan sendiri. Telah merilis satu single lagu bernada Grunge dan Rock.

Bagi pendengar atau penikmat musik yang ingin mendengar lagu-lagu The Kidz, dapat mendengarnya di Youtube The Kidz Official.

Leave a comment