Totok Punggung, Pengobatan Alternatif Redakan Berbagai Penyakit

Totok Punggung, Pengobatan Alternatif Redakan Berbagai Penyakit
Rafiq, melakukan terapi totok punggung kepada pasiennya. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Totok punggung sebagai pengobatan alternatif bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti nyeri, pegal dan kelelahan.

Dikenal sebagai salah satu pengobatan alternatif, terapi totok punggung dipercaya dapat meredakan berbagai macam penyakit.

Terapi totok punggung merupakan salah satu terapi pijat menggunakan kekuatan tangan. Caranya dengan memijat pada titik tertentu pada punggung dan bagian tubuh lainnya.

Mengutip berbagai sumber, pengobatan alternatif ini dapat melancarkan energi vital pada tubuh sehingga dapat mengurangi keluhan fisik dan mental.

Oleh karena itu, terapis akan melakukan menotok punggung dengan menekan titik tertentu pada tubuh. Pengobatan alternatif ini bertujuan menyehatkan tubuh.

Tak hanya itu, terapi pengobatan alternatif dapat membantu proses pemulihan dan penyembuhan dari berbagai macam penyakit.

Pengobatan dengan cara menotok punggung atau bagian tubuh lainnya dengan tepat, dapat mengobati beberapa keluhan pada tubuh seperti kelelahan, nyeri dan otot tegang.

Terapis biasanya melakukan pengobatan alternatif totok punggung ini melalui dua cara memijat.

Pertama, terapis akan langsung menotok pada bagian tubuh yang sakit. Kedua, menotok saraf punggung yang terhubung dengan penyakit.

Cara kedua dipercaya dapat mengalirkan energi positif ke penyakit. Sehingga saraf menjadi akan lebih kendur serta proses penyembuhan lebih cepat.

Selain itu, dalam pengobatan alternatif ini terapis bisa menotok menggunakan tangannya pada bagian tubuh lain seperti telapak kaki, betis dan tangan.

Terapis juga dapat menggunakan telapak tangan, siku, jari serta alat tertentu untuk menotok punggung atau bagian tubuh lainnya.

Totok Punggung, Pengobatan Alternatif Redakan Berbagai Penyakit
Teknik totok punggung. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Manfaat Terapi Totok Punggung

Terapi pengobatan alternatif ini dapat mengobati dan meredakan berbagai macam keluhan dan penyakit seperti:

1. Pegal-pegal dan nyeri otot dan sendi,
2. Sakit kepala,
3. Insomnia,
4. Stres,
5. Kram menstruasi,
6. Mual atau muntah,
7. Meredakan gejala hipertensi,
8. Jantung,
9. Stroke,
10. Paru-paru dan ginjal,
11. Kolesterol,
12. Lambung,
13. Diabetes,
14. Asam urat,
15. Prostat,
16. Saraf terjepit.

Pengobatan alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit ini bisa berlangsung selama satu jam hingga tiga jam tergantung keluhan pasien.

Penelitian dan Efektivitas Totok Punggung

Melansir sehatq.com, belum banyak penelitian efektivitasnya. Namun, dari beberapa penelitian, cara ini ampuh mengatasi keluhan pada punggung.

Pada 2019, mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Muhammadiyah Semarang, meneliti pengaruh pengobatan alternatif ini.

Penelitian itu membuktikan, pengobatan ini dapat meredakan hipertensi. Pada 16 pasien hipertensi menunjukkan penurunan tekanan darah setelah terapi.

Selain itu, berdasarkan penelitian University of Michigan Amerika Serikat, totok punggung efektif meredakan sakit punggung jika menotok punggung selama 30 menit setiap hari.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang yang menjadikan totok punggung sebagai pengobatan alternatif selain meminum obat dokter.

Metode terapi pengobatan ini dapat melemaskan otot dan sendi yang kaku karena kelelahan. Melalui terapi ini membuat tubuh terasa bugar dan segar.

Rafiq menotok punggung pasiennya. Konten Foto/Yusnadi Nazar

Kondisi yang Dilarang

Terapi pengobatan alternatif ini masih tergolong aman untuk kebanyakan orang. Namun ada kondisi tertentu dilarang untuk melakukan terapi ini.

1. Ibu Hamil
Terapi ini dapat memicu kontraksi pada ibu hamil. Pada area punggung bagian bawah terbilang sensitif, karena berdekatan dengan rahim ibu.

2. Penyakit Kronis
Jika mengidap penyakit seperti kanker, sebaiknya sebelum menotok punggung, lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

3. Cedera Tulang
Jika kondisi cedera parah seperti patah tulang belakang, terapi ini dapat menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan terapi pengobatan alternatif totok punggung, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Sebelum melakukan terapi ini, pasien harus memastikan juga praktisi atau terapis yang berkompeten dan berpengalaman untuk menghindari terjadinya hal yang tidak baik.

Jika anda ingin mencoba pengobatan alternatif ini dapat menghubungi praktisi atau terapis totok punggung di Tanjungpinang.

Anda dapat menghubungi terapis kompeten pengobatan alternatif totok punggung yaitu Rafiq R Topung. (0813-6443-0167)

Atau bisa langsung datang ke tempat praktiknya. Alamat Gang Raudhah Nomor 5 Jalan Gatot Subroto Tanjungpinang.

Insya Allah dapat mengobati berbagai macam masalah kesehatan anda secara alami. (*)

Artikel ini Konten Foto rangkum dari beragam sumber

Leave a comment